Bingung Financial Planning Sebagai Fresh Graduate Worker
Bingung Financial Planning Sebagai Fresh Graduate Worker

https://images.unsplash.com/photo-1550565118-3a14e8d0386f?ixlib=rb-1.2.1&ixid=MXwxMjA3fDB8MHxwaG90by1wYWdlfHx8fGVufDB8fHw%3D&auto=format&fit=crop&w=750&q=80

Sebagai fresh graduate kamu baru saja memasuki dunia kerja dan mungkin belum terbiasa untuk mengatur keuangan, nantinya kamu akan menemukan deposito sebagai salah satu pendukungnya. Mengetahui bagaimana cara melakukan financial planning sedini mungkin akan sangat penting, semakin cepat mampu mengatur keuangan maka akan semakin bagus.

Bukan hanya untuk bagus-bagusan saja tentunya, dengan financial planning yang tepat kamu akan cepat meraih kondisi financial stable. Kondisi di mana kamu akan sejahtera, bisa memenuhi kebutuhan, sekali bersenang-senang dengan hasil kerja, dan memiliki tabungan yang bisa diinvestasikan untuk menjamin masa depan.

Financial Planning yang Disarankan

Dari penjelasan diatas, kamu pasti sudah bisa membuat kesimpulan bahwa investasi adalah hal yang penting untuk dimiliki. Dan salah satu bentuk investasi yang akan membantu fresh graduate adalah deposito online. Apa alasannya nanti akan dibahas, kali ini akan dibahas dulu bagaimana cara melakukan financial planning yang tepat.

Financial planning, membuat rencana keuangan akan membuat kamu memiliki batasan dalam mengeluarkan uang. Baik untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, bersenang-senang, hingga menabung. Berikut ini adalah persentase besarnya nominal yang boleh dikeluarkan yang bisa kamu sesuaikan dengan besaran pendapatan.

● Untuk besar pendapatan di bawah UMR, kamu bisa memakai 75% untuk biaya hidup, 5% untuk hiburan, 10% untuk membayar cicilan atau tagihan, dan 10% untuk menabung atau investasi.

● Untuk besar pendapatan UMR, kamu bisa memakai 60% untuk biaya hidup, 10% untuk hiburan, 15% untuk membayar cicilan atau tagihan, dan 15% untuk menabung atau investasi.

● Untuk besar pendapatan 2 kali UMR, kamu bisa memakai 55% untuk biaya hidup, 10% untuk hiburan, 10% untuk membayar cicilan atau tagihan, dan 25% untuk menabung atau investasi.

Angka-angka di atas adalah persentase yang disarankan. Pendapatan di bawah UMR tentunya sifatnya sangat terbatas untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, karenanya nominal persentase untuk bersenang-senang dan investasi pun juga lebih kecil. Sebaliknya, jika besar pendapatan mencapai dua kali UMR, maka akan lebih mudah bagi kamu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, sehingga menabung dan investasi bisa lebih banyak.

Perlu kamu ingat bahwa isi tabel di atas adalah apa yang disarankan, kalau pun ternyata realitanya susah untuk menurutinya atau mungkin bisa menabung lebih besar dari itu,maka tetap akan oke-oke saja.

Apa yang kurang oke adalah jika kamu tidak tahu kemana harus menginvestasikan uang. Tanpa perlu pikir-pikir lagi, kamu bisa memilih deposito untuk menjamin masa depan. Deposito online akan membuat kamu sebagai fresh graduate bisa melakukan financial planning jauh lebih mudah.

Investasi deposito akan memberikan bunga deposito online yang cukup besar, apalagi jika berdeposito ini dilakukan di Aplikasi digibank by DBS.

Keuntungan yang Kamu Dapat Dengan Berdeposito di digibank by DBS

1. Bunga Hingga 4,5% Per Tahun

Kamu akan diuntungkan dengan persentase bunga deposito online yang bisa dikatakan lebih besar daripada penyedia lainnya. Adapun besaran bunga yang bisa diberikan oleh digibank by DBS mencapai angka 4,5% dalam satu tahun. Nominal yang cukup besar, apalagi jika yan deposito yang kamu jalankan nanti besar, juga semakin besar pula nominal bunganya.

2. Akses 24/7

Aplikasi digibank by DBS bisa diakses penuh selama 24 jam dalam 7 hari. Membuat kamu bisa mendapatkan info apa saja seputar produk investasi kamu, melakukan registrasi di mana saja, dan tidak akan membuat kamu pergi ke cabang untuk memulai investasi.

3. Tenor mulai satu bulan

Tenor paling singkat adalah 1 bulan saja

4. Dana Investasi mulai 1 juta

Hanya dengan satu juta rupiah saja, status kamu bisa menjadi seorang investor.

Prosedur yang Dapat Dilakukan Untuk Memiliki Deposito Sendiri

Yuk lakukan prosedur ini untuk mulai memiliki deposito sendiri:

1. Login Aplikasi digibank by DBS
2. Klik di symbol ”DEPOSITO”
3. Klik buka deposito baru
4. Klik dari beberapa option sesuai kebutuhan, lalu klik ”Setuju”
5. Tulis nominal yang diinginkan dan pilih rencana deposito yang sesuai
6. Klik “OK! Mari kita mulai”
7. Klik pilihan jatuh tempo, lalu klik OK
8. Masukkan nama nasabah, pilih symbol yang diinginkan, lalu klik ”Otentikasi”
9. Masukan password digibank by DBS

Sangat mudah dilakukan ya? Jadi, ayo segera miliki deposito pertamamu.