Dokumen Penting Sebelum Berkuliah Di Negeri Orang

Berkuliah di luar negeri mungkin menjadi impian bagi banyak pelajar. Meski tahap yang harus ditempuh tidak mudah, nyatanya masih banyak pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan mereka di universitas luar negeri. Salah satu negara dengan universitas yang paling banyak dituju adalah Australia. Dengan adanya queensland university of technology, Australia semakin dituju oleh banyak pelajar.

Sayangnya, persyaratan yang harus dipenuhi untuk bisa berkuliah di negara lain cukup banyak. Kamu juga harus mempersiapkan berbagai dokumen yang difotokopi untuk bisa melengkapi syarat tersebut. Karena hal inilah, digital printing di bekasi tidak pernah sepi dari pelanggan. Lalu, apa saja sebenarnya dokumen yang harus dipersiapkan untuk berkuliah di luar negeri?

Dokumen Penting Sebelum Berkuliah Di Negeri Orang

1. Ijazah dan transkrip nilai

Dua dokumen ini tentu menjadi dokumen penting yang harus kamu miliki. Tapi, jangan lupa untuk memiliki dua dokumen ini dalam bahasa Inggris, karena bahasa tersebut adalah bahasa utama yang akan digunakan ketika kamu akan berkuliah di luar negeri. Jangan lupa untuk meminta ijazah yang telah dilegalisir, ya. Adanya legalisir adalah sebagai acuan bahwa ijazah dan transkrip nilai kamu telah disahkan oleh lembaga yang berwajib dan ijazah serta transkrip nilai kamu sudah dianggap sebagai dokumen yang asli.

2. Essay dan CV

Nah, buat kamu yang menempuh jaur beasiswa, kamu harus mempersiapkan essay beserta CV. Lagi, kedua dokumen ini harus menggunakan bahasa Inggris. Essay yang kamu buat harus berisi kontribusi yang akan kamu lakukan, mengapa kamu ingin mendapatkan beasiswa tersebut dan sebagainya. Sedangkan CV, kamu bisa membuatnya seperti CV untuk melamar pekerjaan. Di dalam CV, kamu juga harus mencantumkan karya yang telah kamu publikasikan di internet.

3. Hasil tes bahasa Inggris

TOEFL dan IELTS adalah dua dokumen yang harus kamu lampirkan. Kedua dokumen ini adalah nilai kemampuan bahasa Inggris kamu. Kamu perlu nilai TOEFL sebesar 500 dan IELTS sebesar 6.0-90 untuk bisa berkuliah di luar negeri. Kamu bisa mendapatkan kedua dokumen ini dengan mengikuti tes bahasa Inggris yang kini mudah ditemui. Kedua dokumen ini akan berbentuk sertifikat dan tentunya telah dilegalisir oleh lembaga tes tersebut.

4. Surat keterangan sehat dan kelakukan baik

Beberapa universitas mengharuskan calon mahasiswanya untuk memiliki dua dokumen ini. Surat keterangan sehat bisa kamu dapatkan dari rumah sakit dan disertai hasil pemeriksaan. Sedangkan, surat kelakukan baik bisa kamu dapatkan dari kantor polisi dan RT serta RW tempat kamu tinggal.

Untuk bisa berkuliah di luar negeri, kamu gak hanya membutuhkan nilai semata, namun beberapa dokumen di atas juga harus kamu siapkan. Dokumen pendukung lainnya seperti visa, passport dan lainnya juga harus kamu persiapkan dari jauh hari agar tidak ada dokumen yang tertinggal.

Jangan lupa untuk selalu menyalin dokumen-dokumen tersebut, untuk berjaga-jaga jika suatu hari nanti kamu membutuhkan salinannya.