Gagal Ginjal

Ada berbagai macam penyebab penyakit gagal ginjal. Berikut ini penyebab umum penyakit dari gagal ginjal.

Gagal ginjal yang Diakibatkan Kerusakan pada Ginjal

Apabila ginjal Anda terganggu dan menyebabkan kerusakan maka penyakit gagal ginjal pun bisa membayang-bayangi anda. Berikut ini beberapa penyakit yang biasanya menyebabkan kerusakan pada ginjal antara lain.

Gagal Ginjal

1. Adanya penyakit diabetes baik diabetes Tipe 1 ataupun 2. Diabetes tersebut bisa menyebabkan adanya penumpukan gula yang berlebihan pada udara sehingga secara tidak langsung akan merusak bagian pembuluh ginjal.

2. Adanya penyakit autoimun seperti penyakit Lupus dimana jenis penyakit ini akan mengganggu kekebalan tubuh seseorang.

3. Memiliki riwayat penyakit kuning dan malaria.

4. Terdapatnya peradangan pada pembuluh ginjal atau disebut dengan glomerulophretis.

5. Penggunaan obat-obatan terlarang ataupun seringnya mengkonsumsi alkohol.

Gagal Ginjal Karena Hilangnya Aliran Darah Menuju Ginjal

Penyebab lainnya yang menyebabkan seseorang terkena gagal ginjal adalah hilangnya aliran darah menuju ke ginjal secara tiba-tiba. Sehingga jika hal ini terjadi akan menyebabkan fungsi ginjal berhenti dan biasanya penyebab ini bisa mengakibatkan seseorang menderita gagal ginjal akut.

Kondisi seperti ini biasanya diakibatkan dari jenis penyakit tertentu seperti adanya penyumbatan pada pembuluh arteri ginjal, adanya pengerasan hati, penyakit jantung koroner, kehilangan cairan pada tubuh, kelebihan lemak, adanya luka bakar dan lain sebagainya.

Sulitnya Buang Air Kecil

Kesulitan dalam buang air kecil juga bisa mengakibatkan penyakit gagal ginjal menyerang anda. Kondisi seperti ini biasanya diakibatkan oleh sumbatan yang tengah meningkatkan tekanan pada bagian ginjal sehingga mengganggu fungsi dari ginjal itu sendiri.

Gejala Penyakit Ginjal

Saat ini ada dua jenis penyakit gagal ginjal yakni gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronis. 2 jenis penyakit gagal ginjal itu sendiri memiliki gejala yang berbeda-beda. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai gejala penyakit gagal ginjal dari kedua jenis tersebut.

Gagal ginjal akut merupakan kondisi yang bisa terjadi apabila ginjal berhenti dalam berfungsi beberapa gejala yang ditimbulkan dari gagal ginjal akut antara lain sulit buang air kecil, adanya pembengkakan yang terjadi pada organ tubuh di bagian bawah seperti kaki, penderita akan merasa mual mual dan ingin muntah, kehilangan selera makan.

Gagal ginjal kronis merupakan kondisi dimana penyakit gagal ginjal ini semakin parah dan memburuk dalam kurun waktu yang lama. Jika anda sudah terkena gagal ginjal kronis maka penanganannya pun akan membutuhkan waktu yang cukup lama dan anda bisa berkonsultasi dengan dokter Anda.

Gejala-gejala yang timbul dari gagal ginjal kronis antara lain menyebabkan anemia, adanya pembengkakan pada tubuh, seseorang akan sulit atau jarang buang air kecil, adanya gatal-gatal pada kulit, tubuh akan merasa nyeri dan bahkan kram, sakit kepala yang berlebihan, serta penurunan berat badan secara berlebihan dan tiba-tiba.