Penyebab Penyakit Lupus

Berikut ini beberapa hal yang bisa mengakibatkan penyakit Lupus terjadi. Kendati belum ada penyebab yang jelas yang diketahui oleh para ahli akan tetapi penyebab berikut ini dipercaya menyebabkan penyakit Lupus muncul. Apa saja penyebabnya? berikut ini ulasan lengkapnya.

Penyebab Penyakit Lupus

Faktor Lingkungan

Gejala pertama yang biasa menyebabkan penyakit Lupus adalah disebabkan oleh kondisi lingkungan. Lingkungan yang dimaksud adalah adanya perubahan hormon saat seseorang mengalami puber ataupun sedang hamil. Tak hanya itu seringnya terpapar sinar matahari pun juga dipercaya menjadi penyebab penyakit Lupus.

Faktor Genetik

Tidak bisa dipungkiri jika beberapa penyakit disebabkan karena faktor keturunan termasuk dengan penyakit lupus. Seseorang yang memiliki anggota keluarga yang memiliki riwayat penyakit Lupus mempunyai resiko terkena penyakit Lupus. Tak hanya itu mutasi genetika mungkin juga bisa menyebabkan penyakit Lupus timbul.

Gen yang telah mengalami mutasi tersebut biasanya memiliki hubungan dengan fungsi yang terdapat pada kekebalan tubuh. Mutasi genetik ini menyebabkan adanya perubahan pada gen DNA dan RNA.

Obat-obatan

Hal lain yang dipercaya sebagai penyebab timbulnya penyakit Lupus adalah penyalahgunaan obat-obatan. Beberapa jenis obat-obatan tertentu yang dikonsumsi secara berlebihan justru akan mengakibatkan penyakit Lupus memiliki kesempatan untuk menyerang tubuh anda.

Akan tetapi biasanya jenis penyakit Lupus yang diakibatkan obat-obatan akan menghilang dengan sendirinya ketika seseorang telah menghentikan mengkonsumsi obat tersebut.

Gejala Penyakit Lupus

1. Gejala yang paling terlihat pada penderita Lupus adalah terdapatnya ruam pada kulit. Ruam pada kulit ini biasanya menjadi ciri khas dari Lupus SLE. Ruang-ruang ini biasanya akan terdapat pada area sekitar batang hidung dan kedua. Ruang jenis ini dikenal dengan ruang kupu-kupu karena bentuknya yang menyerupai sayap kupu-kupu.

Tak hanya itu ruang pun biasanya bisa ditemukan pada area tangan dan pergelangan tangan. Biasanya jenis ruam ini akan menghilang ataupun membekas.

2. Tak hanya itu penderita penyakit Lupus biasanya juga merasa nyeri pada area persendian. Rasa nyeri tersebut biasanya terjadi pada persendian kaki dan tangan dan akan menjadi buruk pada pagi hari. Rasa nyeri yang timbul tersebut biasanya juga berpindah dengan cepat.

3. Demam yang tidak diketahui apa penyebabnya.

4. Penderita biasanya akan mengalami sariawan secara berulang-ulang.

5. Penderita biasanya juga bisa mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi.

6. Rambut tiba-tiba rontok disertai dengan sakit kepala ataupun migrain.

7. Seseorang akan sering merasa nyeri pada bagian dada.

8. Penderita akan lebih sering mengalami depresi karena diakibatkan oleh penyakit Lupus itu sendiri.

9. Nafas yang pendek diakibatkan karena anemia ataupun informasi pada paru-paru dan jantung.

10. Penderita biasanya akan hilang ingatan secara mendadak.

11. Jari jemari tangan dan kaki mulai mengalami perubahan warna yaitu memutih atau pun membiru jika terkena Hawa yang dingin atau dikarenakan stress.

12. Pembengkakan yang terjadi pada pergelangan kaki yang diakibatkan oleh retensi dan akumulasi cairan tubuh.